Rabu, Juli 7

Cara Mudah Mengendalikan Emosi

(luki.co.nr) Waktu kita dalam keadaan yang membuat kita marah atau terjepit ternyata yang terjadi adalah apa yang disebut sebagai emotion hijacking...

Saat marah atau terancam, amygdala atau yang disebut sebagai otak emosi (bagian otak yang mempengaruhi emosi dan perasaan) bekerja 80.000 kali lebih cepat dibandingkan otak besar..

Karena amygdala bekerja lebih cepat, logika kita jadi dikalahkan sama emosi, saat itulah kita jadi emosian... keadaan seperti itu yang disebut sebagai emotion hijacking atau amygdala hijacking, karena otak kita ibaratnya lagi dibajak oleh emosi kita..

Kalau sudah begini lalu bagaimana mengatasinya?

Mudah sebenarnya...

Untuk mencapai kecepatan yang sama dengan amygdala, otak besar hanya butuh waktu 6 detik saja. Berarti cara yaitu dengan berhenti dari kegiatan kita selama 6 detik saja dengan cara membayangkan 6 hal yang menyenangkan bagi kita. 6 hal ini bisa diganti dengan hal lain bila anda tidak mudah menemukan hal-hal yang menyenangkan bagi anda. Seperti dengan menyebutkan 6 nama bunga, 6 nama tempat indah, dll..

Itulah yang dalam dunia psikologi disebut sebagai SIX SECOND PAUSE..

Dalam dunia tumbuh kembang anak, hal ini sangat dianjurkan buat diajarin ke anak2 kita... ketika dia dalam keadaan yang bisa menimbulkan emosinya, kita anjurkan anak kita untuk menyebutkan 6 hal semisal nama buah atau nama binatang..

Semoga bermanfaat


Share

0 comments: